Apakah desain perhiasan mendapat tempat dalam hak kekayaan intelektual?

Ditulis oleh Olivia Nabila | Read in English

Budaya meniru tidak hanya terjadi pada produk pakaian, tas, atau sepatu saja. Tidak sedikit produk perhiasan yang ditiru dan desainernya berusaha membawa kasusnya ke pengadilan. Loree Rodkin, misalnya, desainer independen asal Amerika Serikat yang terkenal untuk desain cincin “Inaugural Ball” yang dikenakan oleh Michelle Obama, menggugat Tres Glam di pengadilan karena telah meniru desain “Spider Web Bondage Ring” miliknya.

Ini bukan kasus satu-satunya. Contohnya, banyak kita temui desain serupa dari “Sparkling Tennis Bracelet” milik Pandora di Instagram. Hanya saja, banyak kasus yang tidak sampai ke pengadilan.

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan terkait bagaimana sebenarnya perlindungan desain perhiasan? Apakah dapat dilindungi hak ciptanya?

Perlindungan desain perhiasan dalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Perlindungan terhadap perhiasan sebenarnya memiliki banyak tempat dalam HKI, mulai dari paten, hak cipta, dan desain industri hingga merek. Namun, kunci utama dari perlindungan desain perhiasan ada pada desain industri.

Apa itu Desain Industri?

Mengutip artikel TFR sebelumnya, desain industri melindungi bentuk, konfigurasi, atau pola dari suatu produk. Intinya, desain industri ingin melindungi unsur estetika dari sebuah produk. Ini mungkin terdengar mirip dengan jenis perlindungan yang diberikan hak cipta, karena hak cipta juga melindungi karya seni. Akan tetapi, hal yang membedakan adalah bahwa perlindungan hak cipta tidak ditujukan untuk suatu produk yang akan diproduksi dalam jumlah banyak. Untuk desain industri, syarat dasar agar perlindungannya dapat diberikan adalah apabila produk tersebut dapat digunakan dan diproduksi dalam jumlah besar.

Selain itu, perlindungan untuk desain industri harus dimohonkan pendaftarannya. Sedangkan perlindungan hak cipta langsung hadir saat produk telah selesai dibuat.

Lebih jauh, perlindungan desain industri juga bisa ditujukan untuk sebagian kecil dari suatu produk. Misalnya, untuk liontin saja karena desain industri tidak bisa melindungi desain yang umum (bentuk tali perhiasan umumnya lingkaran). Sementara, perlindungan hak cipta berlaku secara keseluruhan.

Jadi, perlindungan desain industri merupakan bentuk penyempurnaan dari perlindungan yang telah ada dengan menggabungkan aspek estetika dan fungsional dari sebuah produk.

Apa syarat agar desain perhiasan dapat dimohonkan pendaftarannya?

Ada 2 syarat untuk dapat memperoleh perlindungan desain industri, yakni desain tersebut harus baru dan didaftarkan. Sama seperti merek, desain industri juga mengadopsi prinsip pendaftaran pertama.

Syarat kebaruan dalam desain industri menurut undang-undang (UU) sedikit berbeda. Kebaruan dimaknai sebagai suatu kondisi di mana desain tersebut belum pernah diperlihatkan pada publik sebelumnya. Jadi, desain tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu sebelum dipasarkan.

Ada juga hal-hal yang dapat membuat sebuah desain ditolak, misalnya desain yang menggambarkan tubuh manusia tanpa busana karena dianggap melanggar kesusilaan.

Perlindungan akan memberikan hak eksklusif kepada desainer selama 10 tahun dan tidak dapat diperpanjang. Hal ini yang terkadang menjadi hambatan bagi pendesain untuk mendaftarkan desainnya karena jangka waktu perlindungan yang singkat dan proses pendaftaran yang mungkin akan memakan waktu lama dalam praktiknya.

Apa kelemahan perlindungan desain industri di Indonesia?

Dalam proses pendaftaran suatu desain, UU Desain Industri baru mengadakan pemeriksaan terkait kemiripan suatu desain ketika ada keberatan dari pihak ketiga. Artinya, jika tidak ada keberatan, maka suatu desain dapat diterima hanya berdasarkan pemeriksaan administratif saja. Oleh karena itu, ada kemungkinan antara desain yang satu memiliki kemiripan dengan desain lainnya dan dikabulkan permohonannya.

Bagaimana dengan kelompok HKI lainnya?

  1. Paten

    Tidak menutup kemungkinan suatu desain perhiasan dapat dilindungi di bawah kelompok paten, meski perlindungan paten umumnya bergerak pada bidang teknologi. Desain dapat dilindungi apabila desain tersebut menghadirkan sebuah penemuan baru atau menyelesaikan permasalahan yang ada dalam bidang tersebut sebelumnya.

    Pandora, misalnya. Merek perhiasan kelas atas tersebut memiliki perlindungan untuk klip yang digunakan pada produk kalung dan gelangnya.

  2. Hak cipta

    Perlindungan hak cipta terhadap desain perhiasan jatuh dalam kelompok karya seni rupa, khususnya seni pahat–tergantung metode pembuatannya. Kelebihan hak cipta adalah perlindungan untuk kelompok karya seni rupa akan berlangsung seumur hidup pencipta dan masih akan berlangsung 70 tahun setelahnya.

  3. Hak merek

    Sebenarnya, dalam merek yang dilindungi bukanlah desainnya, melainkan nama dari perhiasan tersebut. Misalnya, Tiffany and Co yang telah melindungi banyak nama dari produknya, seperti TIFFANY HEARTS, TIFFANY SIGNATURE, dan TIFFANY FOR MEN. Bahkan, desain kotak birunya, “The Blue Box”, dan warna birunya yang khas telah memperoleh perlindungan.


Artikel terkait


Berita terkini