Art Jakarta Gardens 2024 pamerkan 30 karya seni patung

Art Jakarta Gardens kembali digelar di Hutan Kota by Plataran, Jakarta pada 23-28 April 2024 mendatang untuk yang ketiga kalinya, merayakan karya seni kontemporer.

Acara yang ditunggu-tunggu oleh para penikmat seni ini akan menampilkan 23 galeri seni serta 30 patung hingga instalasi, menggabungkan seni dan alam untuk menawarkan pengalaman memukau.

Tahun ini, Art Jakarta Gardens menargetkan untuk menggaet lebih banyak audiens melalui pendekatan yang menampilkan karya seni kontemporer.

Adalah Sculpture Garden, pameran di ruang terbuka yang akan menampilkan karya dari para seniman terkemuka berbagai generasi, mulai dari G. Sidharta dan Nyoman Nuarta, sampai seniman muda seperti Dian Hardiansyah.

“Para galeri yang berpartisipasi hadir dengan antusiasme dan semangat yang tinggi. Mereka membawakan karya seni para seniman yang mereka wakili. Begitu pun dengan para mitra yang berkolaborasi dengan seniman dan membawakan instalasi spesial,” ujar Artistic Director Art Jakarta Garden Enin Supriyanto.

Harapannya, Art Jakarta Gardens dapat memberikan kesempatan bagi anak muda agar lebih bisa mengapresiasi karya seni.

“Di Art Jakarta Gardens, generasi muda dapat mengenal karya seni secara lebih di lingkungan yang tidak terlalu formal atau bahkan mulai mengoleksi,” tambah Director Art Jakarta Gardens Tom Tandio.

Ia juga mendukung agar lebih banyak korporasi di Indonesia yang berkolaborasi dengan seniman lokal, baik di acara ini ataupun proyek lainnya.

Tom mengatakan, “Hal ini diperlukan untuk memperkuat dukungan untuk ekosistem seni di Indonesia.”

Baca juga: Art Jakarta Gardens kedua sukses digelar, lebih dari 10.000 orang nikmati karya di Hutan Kota

Dilengkapi dengan pertunjukan musik

Selain di luar ruangan, pameran ini juga akan menampilkan beragam karya seni di dalam ruangan.

Pengunjung akan berkesempatan untuk tenggelam dalam dunia penuh kreativitas dan menjelajahi kekayaan ekspresi artistik di balik Kota Jakarta, di mana Hutan Kota by Plataran akan disulap menjadi galeri terbuka dinamis.

Sejumlah kolaborasi yang akan dihadirkan di gelaran tahun ini di antaranya, Bibit x Erwin Windu Pranata, Treasury x Naufal Abshar, Xiaomi x Davy Linggar, iForte x Tomy Hersata, dan Roca x this/PLAY.

Bukan hanya karya seni, Art Jakarta Gardens juga menghadirkan program musik persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation dan RURUradio Lounge.

Artinya, para pengunjung pameran ini dapat menikmati karya seni yang ditampilkan sembari mendapatkan hiburan.

Akan ada panggung live music pada 27-28 April yang akan diramaikan oleh White Shoes and the Couples Company, Prontaxan, Keroncong Musyawarah, Rani Jambak, Lair, Lorjhu’, dan Oomleoberkaraoke.

Lebih jauh, seniman multidisiplin Monica Hapsari dan kawan-kawannya akan hadir memberikan performing art spesial.

Tiket untuk hadir di pameran ini dapat dibeli mulai Selasa (2/4) lalu. Informasi selengkapnya mengenai acara ini dapat diperoleh di Instagram @artjakarta, ya!