Peluang fesyen di dunia metaverse

Read in English

Konsep metaverse pertama kali diperkenalkan pada awal 1990-an. Namun, signifikansi dan keberadaannya di dunia nyata dapat dikaitkan dengan kemunculannya kembali pada 2021. Pemberitaan, platform media sosial, serta aliran media digital secara eksplisit memasukkan topik ini dalam tren terbaru. Ini mencerminkan signifikansi dan tempatnya di dunia maya.

Awalnya, publik di seluruh dunia skeptis tentang konsep tersebut. Melalui transformasi struktur ekonomi global dan dengan mematahkan belenggu tradisional, metaverse telah merevitalisasi fondasinya. Dalam esensinya yang sebenarnya, metaverse telah muncul sebagai tujuan makro terbaru dari para raksasa teknologi dan investor. Pembukaan toko Ralph Lauren di dunia virtual Roblox menunjukkan bahwa prinsip-prinsip dasar industri fesyen akan perlu ditinjau kembali dalam beberapa tahun mendatang.

Bagi banyak orang, ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi metaverse bermaksud untuk menyediakan ruang tiga dimensi digital, di mana pengguna dapat berinteraksi serta berbagi ide dan pandangan. Dengan platform media sosial yang sudah membatasi interaksi manusia, transformasi industri fesyen dan game ini menjadi ancaman serius bagi norma-norma tradisional dan struktur sosial.

Untuk eksis di dunia digital, seseorang harus menumbuhkan citra atau persona baru. Kebutuhan fisik dasar dan syarat-syarat fisik menjadi usang dalam realitas virtual. Konstruksi identitas baru membutuhkan ide-ide yang berbeda, yang tidak dibatasi oleh batas-batas fisik. Oleh karena itu, pengguna harus memanfaatkan estetika untuk berekspresi dan menemukan eksistensi di dunia maya.

Fesyen yang ada di metaverse berpotensi menjadi tambang emas. Morgan Stanley memperkirakan bahwa nilai sektor barang mewah berpotensi mencapai $50 miliar-plus pada satu dekade mendatang.

Jenama mewah merambah dunia metaverse

Menyadari fakta bahwa masa depan pakaian terkait erat dengan realitas virtual, Balenciaga menjadi merek pakaian mewah pertama yang merilis koleksinya melalui video game. Setelah mengumumkan langkah tersebut bulan lalu, merek mewah itu mengintegrasikan kerangka realitas virtual untuk merilis koleksi musim gugurnya pada 2021.

"Afterworld: The Age of Tomorrow" menampilkan koleksi tersebut bersama dengan tur virtual toko-toko yang tidak biasa. Game ini juga memungkinkan penggunanya memilih lingkungan dan karakter pilihan mereka. Balenciaga fokus pada nasib manusia dengan mengetahui dan memahami masa depan pakaian. Merek tersebut juga menyoroti pentingnya mode digital, yang telah mendorong transformasi dalam industri mode.

Senada, Ouverture of something that has never ended” lebih jauh menegaskan dimulainya mode di metaverse.

Foto: Tas Gucci di platform Roblox

Pada 2020, merek mewah Gucci memamerkan koleksinya melalui miniseri tujuh bagian dengan nama yang sama. Pada 2021, Gucci mendarat di Roblox. Sebuah tas Gucci di Roblox dijual kembali seharga 350.000 Robux atau sekitar $4.115. Tas yang sama yang dijual secara fisik dihargai $3.400. Tujuan dari toko Gucci di Roblox adalah untuk mengumpulkan barang-barang digital dari industri fesyen dan mempresentasikannya dalam game

Gucci garden menggabungkan kisah masa lalu dan masa kini untuk menyajikan apa yang akan terjadi di masa depan bagi industri mode. Gucci garden adalah pengalaman mendalam melalui Florence, Italia, dan menampilkan visi kreatif dan digital dari merek mewah tersebut. Menawarkan avatar edisi terbatas secara eksklusif dalam realitas virtual akan memungkinkan pengguna untuk mencoba avatar yang berbeda tanpa batasan fisik dan bahkan menciptakan kepribadian virtual mereka.

Membuka peluang kepada berbagai jenama di metaverse

Banyak merek kelas atas telah mendirikan usaha patungan dengan berbagai perusahaan game online. Dalam hal ini, kolaborasi Louis Vuitton dengan League of Legends dianggap sebagai pengubah permainan di dunia maya.

Tommy Hilfiger menyusul dengan berkolaborasi dengan Animal Crossing untuk koleksi musim gugur 2020. Ha ini menunjukkan perubahan struktural dan visioner dalam industri fesyen yang terjadi pada dekade ini.

Dengan digitisasi sebagian besar koleksi dan barang desainer, demokratisasi mode menjadi kenyataan. Ini menghilangkan pola pikir kreatif untuk menerjemahkan visi mereka menjadi kenyataan, mengingat mereka bisa membuat artefak di dunia maya.

Seiring dengan semua transformasi dan perubahan yang terjadi, perusahaan dan pelaku pasar metaverse menghadapi banyak tantangan. Kurangnya unifikasi adalah salah satu tantangan paling sulit. Ini adalah alasan utama mengapa para perusahaan besar masih berkembang dalam fesyen digital.

Dipimpin DRESSX di bidang fesyen digital, kebangkitan metaverse dapat dirasakan dengan baik dan sepenuhnya. DRESSX menawarkan konsumen serta merek digital dan tradisional kesempatan untuk memasuki realitas virtual. Mayoritas pemain fesyen digital percaya bahwa tidak lama lagi semua merek fesyen, termasuk high-end, streetwear, luxury, dan premium, akan memiliki lini digital.

Foto: DRESSX

Efek fesyen digital terhadap industri

Di tengah kemunculan fesyen digital, kebutuhan untuk terlibat dengan non-fungible token (NFT) juga meningkat. Ini menegaskan bahwa industri fesyen memiliki tempat yang signifikan dalam metaverse dan karena itu fesyen digital telah menjadi kenyataan.

Banyak ahli percaya bahwa banyaknya merek-merek mewah yang masuk ke metaverse menunjukkan bahwa NFT menawarkan kerangka kerja untuk mengontrol dan mengelola koleksi dan barang digital mereka. Gucci dan rumah lelang seni Christie berkolaborasi untuk menjual video NFT pertama mereka yang berjudul "Aria", yang terjual seharga $25.000, menunjukkan kesuksesan NFT dalam semalam dan masa depan fesyen digital.

Berbagai laporan dan kajian terbaru mengidentifikasi besarnya potensi bagi para raksasa dan merek fesyen di dunia digital. Pentingnya NFT telah diakui secara luas oleh merek-merek mewah besar. Langkah Burberry untuk meluncurkan NFT-nya sendiri dan berkolaborasi dengan berbagai perusahaan game menunjukkan bahwa masa depan fesyen digital terlihat cerah. Dengan membuka jalan yang tampaknya tak tersentuh pada abad ke-20, NFT menyentuh saluran digital yang berbeda.

Pada Desember 2021, raksasa pakaian olahraga Nike mengakuisisi RTFKT - yang dikenal karena membuat berbagai NFT sepatu kets, meme, dan koleksi eksklusif. Pada awal 2021, RTFKT bekerja sama dengan seniman crypto Fewocious - mereka menjual sekitar 600 pasang sepatu kets dan meraih total pendapatan $3,1 juta dalam waktu kurang dari tujuh menit.

Tetap menjadi fakta bahwa penutupan akses karena COVID-19 mendorong dunia digital untuk menemukan pijakannya di dunia nyata. Dengan mematahkan belenggu ketidakpastian dan ketidakandalan, metaverse telah menarik jutaan pengguna Gen Z. Dengan kemampuan untuk membuat avatar virtual yang dapat disesuaikan dan menciptakan persona yang baru, fesyen digital telah merestrukturisasi dinamika industri pakaian.


Artikel terkait


Berita