Istilah dalam startup: Bisnis dan keuangan

WhatsApp Image 2021-01-28 at 16.08.45.jpeg

Pernah merasa bingung dengan istilah-istilah seperti EOD, MoM, dan AUM? Para pencari kerja atau vendor yang ingin bekerja di atau bekerja sama dengan perusahaan rintisan sebaiknya memahami istilah-istilah dalam industri ini agar bisa beradaptasi dengan cepat. 

Startup

Perusahaan rintisan yang baru berkembang dan masih membutuhkan pendanaan untuk menutup biaya operasional. 

Perusahaan rintisan yang bisa bertahan hingga 10 tahun atau lebih dan memiliki karyawan hingga ribuan atau ratusan naik tingkat menjadi a fully-fledged business atau perusahaan yang sudah matang. 

Angel investor

Investor individu. Banyak teman dekat, pasangan, atau anggota keluarga yang menjadi angel investor bagi suatu perusahaan.

Modal ventura (venture capital)

Perusahaan investasi yang fokus pada perusahaan-perusahaan pada tahap awal. Investasi yang disediakan bisa berupa saham atau utang konvertibel. Modal ventura adalah mesin uang bagi perusahaan rintisan.

Bootstrapping

Strategi pengembangan usaha di mana pemilik usaha memilih untuk mendanai operasional perusahaan dengan dana sendiri dan mengandalkan kekuatan internal.

Pendanaan awal (seed funding)

Modal yang ditanam pada tahap pengembangan, pemasaran, dan riset pasar sebuah produk. Modal ventura memulai investasinya pada tahap ini. 

Pendanaan seri A, B, dan C

Tahapan investasi setelah bootstrapping dan seed funding. Dikutip dari Investopedia, berikut detail tahapan-tahapan perusahaan yang mendapatkan pendanaan Seri A, B, dan C: 

Pendanaan Seri A merupakan tahap pendanaan di mana investor mencari perusahaan rintisan yang memiliki ide brilian dengan strategi bisnis yang mumpuni dan diyakini bisa menjadi sebuah perusahaan yang sukses dan menghasilkan uang. Perusahaan-perusahaan yang mendapatkan pendanaan Seri A merupakan perusahaan yang masih fokus pada fase pengembangan, seperti riset pasar, pengembangan produk, dan pembuatan fasilitas.

Pendanaan Seri B dilakukan oleh perusahaan yang sudah melewati fase pengembangan dan fokus pada peningkatan pangsa pasar dan pertumbuhan surplus. Di tahap ini, perusahaan juga sedang gencar-gencarnya menambah karyawan bertalenta. 

Pendanaan Seri C adalah upaya perusahaan untuk bertumbuh dan untuk meningkatkan bisnisnya secepat dan sesukses mungkin. Umumnya, pendanaan berakhir di Seri C, namun ada beberapa perusahaan yang masih mendapatkan pendanaan hingga Seri E. Perusahaan-perusahaan yang mendapatkan pendanaan hingga Seri E biasanya berencana untuk melantai di bursa sehingga butuh dana cadangan, atau karena mereka masih belum mencapai tujuan yang mereka inginkan dalam pendanaan Seri C. 

Exit strategy

Rencana darurat yang dilakukan investor, modal ventura, atau pemilik usaha untuk mencairkan aset bisnis tidak berwujud, dari yang tadinya saham menjadi uang. 

Strategi ini dapat dilakukan untuk keluar dari investasi yang tidak berjalan atau menutup bisnis yang tidak menguntungkan. Dalam hal ini, tujuan dari strategi keluar adalah untuk menekan kerugian. 

Inkubator

Program yang ditujukan untuk membantu perkembangan perusahaan rintisan baru. Program inkubator menyediakan tempat kerja, program pelatihan dan pendampingan, hingga membantu tahap pendanaan perusahaan rintisan.

Unicorn

Perusahaan yang valuasinya sudah lebih dari $1 miliar.

GMV (Gross Merchandise Value) atau omzet

Nilai total barang dagangan yang diperjualbelikan di platform online dalam periode tertentu. GMV bisa dijadikan ukuran pertumbuhan bisnis serta tolok ukur seberapa banyak pengguna aktif yang berdagang di platform tersebut. 

Burn Rate 

Aliran kas negatif yang digunakan perusahaan rintisan setelah mendapatkan pendanaan. Biasanya, perusahaan rintisan membakar uangnya untuk pengembangan bisnis melalui promosi serta untuk menyokong operasional. 

YOY (Year-over-Year)

Istilah keuangan yang digunakan untuk membandingkan nilai secara tahunan. Sebagai contoh, analis keuangan dan investor bisa menilai kesehatan pertumbuhan sebuah perusahaan dengan membandingkan perkembangan omzet secara YOY di kuartal pertama.

MOM (Month-over-Month, Manager-of-Manager, Minutes of the Meeting)

Meski ketiga istilah di atas menggunakan singkatan yang sama, semuanya memiliki arti yang sangat berbeda. 

Month-over-Month adalah perbandingan pertumbuhan sebuah metrik secara bulanan.

Manager-of-Manager merupakan jenis strategi investasi pengawasan di mana manajer memilih manajer untuk program investasi dan secara teratur memantau kinerja mereka.

Minutes of the Meeting atau risalah rapat adalah catatan pertemuan yang dapat menjadi sumber informasi bagi anggota yang berhalangan hadir.

Business-to-Customer (B2C)

Proses penjualan produk dan layanan secara langsung antara bisnis dan konsumen yang merupakan pengguna akhir sebuah produk atau layanan. Perusahaan yang menjual langsung ke konsumen disebut sebagai perusahaan B2C. Contohnya adalah Sayurbox, Halodoc, Gojek, dan Traveloka. 

Business-to-Business (B2B)

Sebuah model bisnis yang mengacu pada perdagangan antara dua atau lebih bisnis. Perusahaan seperti General Electric, WeWork, Boeing, dan Airbus memberikan layanan kepada perusahaan yang membutuhkan produk yang mereka sediakan.

Customer-to-Customer (C2C) 

Model bisnis di mana pelanggan dapat berdagang satu sama lain, biasanya dalam lingkungan online. Contoh perusahaan yang memiliki model bisnis C2C adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan platform perdagangan online lainnya. 

Assets under management (AUM)

Total nilai pasar dari investasi yang dikelola seseorang atau entitas atas nama klien. Dalam penghitungan AUM, beberapa lembaga keuangan memasukkan deposito bank, reksa dana, dan uang tunai dalam perhitungannya.


Artikel terkait


Berita