WOW Brand 2024 ajak brand hadirkan pendekatan baru untuk gaet Gen Z

MarkPlus, Inc. bersama Marketeers kembali menggelar acara Indonesia WOW Brand 2024 di The Ballroom at Djakarta Theater, Kamis (7/3).

Ajang seminar brand terbesar ini mengusung temaBranding to Gen Z” dan menghadirkan sederet narasumber dari dunia pemasaran lintas industri untuk berbagi wawasan dan pengalamannya.

Seperti judulnya, edisi kesembilan Indonesia WOW Brand membedah karakter Generasi Z atau Gen Z dan strategi paling ampuh untuk menjangkau mereka di berbagai kategori industri!

Pasalnya, dari banyaknya segmen konsumen yang kompleks dan beragam, Gen Z saat ini memang tengah menjadi buah bibir di kalangan para pemasar. 

Gen Z dan Gen Alpha adalah generasi termuda yang sedang trendy. Mereka membutuhkan pendekatan baru dari para brand,” ujar Founder dan Chairman MCorp, Hermawan Kertajaya, Kamis (7/3).

Selain Hermawan, ada pula CEO MarkPlus Iwan Setiawan yang mengisi pembukaan acara, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma Apotek Junus Koswara, dan Marketing Manager Campina Mustofa Saadji.

Pasalnya, total ada delapan pembicara yang hadir dalam acara ini dan etiga pembicara lainnya ialah Head of Marketing Mister Potato Leovathy Augusta, SVP Marketing Communication BCA Norisa Saifuddin, serta Senior Promotion Manager Kota Kasablanka Agung Gunawan.

Baca juga: 5 merek dengan colour branding yang kuat

Acara disambut antusias hingga bertabur insight seputar pemasaran

Para nama besar yang menjadi speaker mengupas tuntas sisi strategis dan sisi tactical dalam menggarap pasar serta memenangkan hati para Gen Z.

Indonesia WOW Brand 2024 terbagi menjadi empat sesi seminar bertajuk “Opening Plenary: Branding to Gen Z”, “Panel Session I: Marketing Plan to Gen Z”, “Panel Session II: Tactical Marketing to Gen Z”, dan “Content x AI: New BRANDing?”.

Para peserta yang mengikuti acara ini dari awal sesi hingga akhir menyambut antusias setiap sesi pemaparan materi dari pada pembicara.

Mereka adalah pihak-pihak yang terlibat dalam berbagai industri, termasuk eksekutif merek, agensi periklanan, hingga media.

Maka dari itu, Indonesia WOW Brand 2024 mengusung tagline “Pestanya Orang Brand”. Secara keseluruhan, Hermawan merangkum sejumlah pendekatan untuk menggaet konsumen dari generasi ini.

Marketing sudah mengalami perubahan besar, bukan ajang promosi saja. Kalau dulu yang dikejar repeater (pembeli yang membeli produk berkali-kali), sekarang mau tidak mau, yang dikejar adalah engagement, bagaimana konsumen meneruskan tentang produk kita ke orang lain,” terang Hermawan.

Sementara itu, Iwan mengatakan, para pegiat merek harus bisa mengevaluasi strategi terhadap para konsumen muda melalui pendekatan Customer Path 5A, yakni Aware, Appeal, Ask, Act, Advocate. Namun, pola ini harus disesuaikan kembali dengan masing-masing industri.

Dilengkapi dengan sesi apresiasi bagi brand lokal!

Selain seminar, perhelatan ini juga dilengkapi sesi penganugerahan untuk para brand yang terbagi menjadi Indonesia WOW Brand Award 2024, Branding Campaign of The Year 2024, dan Brand for Good Club 2024.

Indonesia WOW Brand Award 2024 merupakan penghargaan bagi 300 merek yang berhasil memperoleh advokasi tertinggi dari konsumen berdasarkan hasil survei oleh MarkPlus Insight.

Sementara itu, Indonesia Branding Campaign of the Year 2024 menjadi ajang penghargaan yang terbagi menjadi empat kategori Above the Line (ATL), Below the Line (BTL), Digital Marketing, dan Public Relations; diperuntukkan bagi para merek yang berhasil menjalankan kampanye kreatif dengan sukses. 

Terakhir adalah Brand for Good Club 2024 yang merupakan penghargaan kepada para komunitas merek, yang berhasil mengimplementasikan pemasaran dengan dampak sosial signifikan.

Ketiga ajang ini hadir sebagai bentuk apresiasi di dunia branding yang diberikan kepada para brand inspiratif tanah air.