Jakarta Mural Art Festival 2024 hadirkan karya seni mural di 7 titik

Jakarta Mural Art Festival 2024 merupakan series dari berbagai events untuk menunjukkan karya-karya yang mampu mengubah Jakarta “From Capital to Magical!”.

Alasan acara ini digelar di Jakarta yaitu karena Jakarta kaya akan sumber daya budaya dan memiliki banyak pengalaman kreatif untuk ditawarkan sebagai tujuan wisata.

Namun sayangnya, Jakarta masih memiliki stereotip sebagai ibu kota yang padat, tercemar, dan cenderung “diremehkan” jika dibandingkan dengan banyak ibu kota di Asia lainnya.

Jakarta pun semakin berani untuk menampilkan semangat progresifnya untuk menyemangati para talenta-talenta muda untuk tampil.

Di sinilah Jakarta Mural Art Festival 2024 hadir lebih dari sekadar sebuah “acara”, melainkan juga menjadi sebuah gerakan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota budaya.

Baca Juga: POSHMARKET hadir dengan semangat memberdayakan brands lokal

THE CITY CANVAS gandeng seniman urban berkarya di Setiabudi One

Untuk mengawali serangkaian acara menarik Jakarta Mural Festival 2024, senyuMuseum akan mengadakan acara pameran bertajuk “THE CITY CANVAS”.

Di pameran ini, senyuMuseum mengajak seniman urban ikonik Ashido Aldorio Simatupang (atau @lampurio di Instagram) untuk membuat karya seni berskala besar berukuran 8x16 meter di dinding Setiabudi One.

Instalasi ini dikuratori khusus oleh produser seni mural dari Jepang, Takuma Kobayashi. Ini merupakan collARTboration atau kolaborasi seni antara seniman Indonesia dengan internasional kurator untuk menjembatani Indonesia kreator dengan dunia.

Sebelumnya, Takuma Kobayashi memasuki industri seni pada 2015 dengan menyelenggarakan festival seni mural berskala besar di Jepang.

Menariknya, acara tersebut berhasil menarik lebih dari 12.000 pengunjung dan menjadikannya salah satu outdoor art events terbesar di Jepang.

Sejak saat itu, ia telah berkolaborasi dengan berbagai merek fashion global hingga pemerintah daerah dalam revitalisasi regional melalui penggunaan seni.

Karya di dinding Setiabudi One ini nantinya dapat dinikmati mulai dari 8 Maret hingga 1 Juni 2024.

Tersebar di lebih dari tujuh lokasi

Selain memamerkan karya dan serangkaian acara menarik lainnya, Jakarta Mural Art Festival 2024 juga mengadakan art market selama tiga hari dari tanggal 8 Maret hingga 10 Maret 2024.

Tiap harinya, art market yang dibuka untuk publik ini dapat dikunjungi mulai jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Art market ini juga turut mengundang semua orang yang tertarik dengan seni, desain, dan produk hasil buatan tangan.

Selain itu, akan ada pertunjukan Urban Art Music dari musisi muda yang tampil pada hari Sabtu, 9 Maret 2024. Acara ini pun diharapkan mampu membangun koneksi antara seni, musik, mural, fashion, festival, arsitektur, dan lainnya.

Tak hanya itu, Jakarta Mural Art Festival 2024 ini juga tersebar di sebagai lokasi. SenyuMuseum berkolaborasi dengan lebih dari tujuh lokasi di Jakarta, mulai dari taman umum hingga bangunan cagar budaya dan tempat-tempat komersial.

Untuk timeline event-nya sendiri, Jakarta Mural Art Fair 2024 akan berlangsung selama beberapa bulan mulai dari Maret 2024 hingga Oktober 2024 dengan main event di tanggal 4-6 Oktober 2024.