Apple jalin kerjasama dengan Futura Studios untuk pengembangan podcast

Apple telah menandatangani kesepakatan bersama dengan Futura Studios, sebuah produser podcast untuk menangani dan mengembangkan original podcast yang nantinya dapat diubah menjadi acara TV dalam platformnya.

Selain menandatangani kontrak dengan Futura Studios, Apple juga tengah melakukan pembicaraan dengan perusahaan lain mengenai kesepakatan tambahan.

Sebenarnya, Apple sedang berusaha mengembangkan layanan podcastnya. Kesepakatan dengan pembuat criminal-justice series “Suave” ditujukan untuk mendanai pengembangan dan produksi dari podcast terkait. 

Lantas, melansir Bloomberg (11/8), sebagai imbalan, Apple nantinya memperoleh hak pertama untuk mengubah podcast-podcast tersebut menjadi acara televisi.

Pasalnya, Apple sudah beberapa kali membuat acara televisi yang dibangun berdasarkan podcast, seperti “WeCrashed” dan “The Shrink Next Door”.

Ada pula kerja sama dengan media lain, seperti At Will Media untuk podcast “Wild Things: Siegfried & Roy”, Campside Media untuk “Run, Bambi, Run”, Jigsaw Productions untuk “The Line”.

Selain itu, Apple pun bekerja sama dengan Pineapple Street Studios dalam “Project Unabom”, yang mana untuk kesepakatan ini telah menghabiskan dana hingga $10 juta.

Seluruh pendanaan ini dilakukan oleh Apple Studio dan bukan divisi podcast-nya agar tetap memberikan kesan netral. 

Sedangkan, untuk media yang didanai, sejauh ini mereka belum mempraktikkan fitur iklan dalam platformnya. Kini, mereka lebih digunakan sebagai sarana pemasaran video atau untuk mengukur minat terhadap suatu materi.