Muklay jadi pembuka kolaborasi Playboy Shoes dengan seniman lokal

Sumber: Dok. Playboy Shoes Indonesia

Untuk pertama kalinya, Playboy Shoes berkolaborasi dengan visual artist Indonesia, Muchlis Fachri atau yang biasa dikenal dengan Muklay untuk menghadirkan koleksi yang playful.

Terkenal dengan style elegan dan produk berkualitas, kolaborasi Playboy dan seniman asal Jakarta itu didesain untuk menghadirkan napas segar lewat koleksi yang warna-warni dan berani.

Bisa begitu karena kolaborasi yang dirilis pada Sabtu (22/10) lalu ini memadukan gaya yang trendy dan nyaman dari sepatu Playboy dengan pop surealisme Muklay yang berani dan ikonik. 

Hadir dengan palet warna yang mencolok, kolaborasi unik ini merupakan perayaan ekspresi artistik yang berani untuk mendobrak batasan desain sepatu pada umumnya. 

Palet tersebut ini menawarkan visual yang memanjakan mata, tetapi tetap mempertahankan kualitas dan gaya ala Playboy, sehingga mudah untuk dipadupadankan untuk setiap occasion.

“Koleksi ini dibuat untuk mengenalkan Playboy Shoes yang terkenal dengan gaya klasiknya ke anak muda kekinian dengan gaya yang lebih playful dan fresh,” ujar Septian Pratama, Brand Manager Playboy Shoes Indonesia, dalam Playboy Shoes x Muklay Launching Party di Dikolam, Kemang, Sabtu (22/10).

Hadirkan empat design, Playboy bekerja sama dengan Muklay mulai dari proses awal, desain sepatu, pemilihan siluet, pemilihan warna, sampai aksesori dan finishing produknya.

“Muklay punya desain yang anak muda tuh cocok banget. Makanya produk Playboy kali ini playful dan colorful. Bahkan ada warna rose yang termasuk berani untuk cowok,” tambah Septian.

Rupanya, untuk kolaborasinya dengan Playboy, Muklay pun menghadirkan enam karakter yang colorful dan playful dan jadi perpaduan dari brand sepatu itu dengan gaya khas Muklay.

Lantas, pada selebrasi peluncuran koleksi ini, desain, aktivasi, hingga dekorasi kafe pun dibuat dengan nuansa yang fun dan dinamis, sesuai dengan koleksi sepatunya itu sendiri.

Tak hanya itu, acara yang berlangsung meriah dengan berbagai games seru itu pun diramaikan beberapa bintang muda Indonesia seperti Yesaya Abraham, Shaloom Razade, hingga Junior Roberts.

Baca juga: Seniman visual Muklay gelar pameran tunggal “Distraction” di Jepang

Bikin loafers perdana, prosesnya sampai setahun!

Menariknya, saat pertama kali dihubungi oleh Playboy, Muklay langsung mengungkapkan keinginannya untuk membuat sepatu loafers, yang juga menjadi jenis sepatu favoritnya.

“Saya suka banget sama loafers, tapi sampai sekarang belum nemu sepatu loafers yang bener-bener nyaman dan pas. Terus kesampaian di kolaborasi ini,” ungkap Muklay di kesempatan yang sama.

Rupanya, ini bukan kolaborasi pertama Muklay dengan brand sepatu, melainkan yang keenam kali. Namun, kepada TFR, Muklay mengaku bahwa baru kali ini dirinya bisa membuat loafers.

Untuk bikin loafers pertamanya, Muklay pun terjun langsung di setiap prosesnya, mulai dari desain karakter sampai sepatu. Tidak heran jika kolaborasi ini memakan waktu hingga setahun. 

Selain loafers, koleksi Playboy x Muklay ini juga menawarkan produk alas kaki lain, seperti sneakers dan slingback mules yang didesain untuk menunjukkan style artistik Muklay dan gaya Playboy Shoes.

Saat ditanya soal kendalanya di koleksi ini, Muklay mengaku, “Kesulitannya nyatuin gambar sama material apa buat disatuin ke sepatu. Ada sepatu yang tadinya print tapi akhirnya jadi bordir.”

Meski begitu, setelah sekian kali proses, revisi, hingga mendapat approval, Muklay merasa bangga karena telah menjadi pintu pembuka untuk para seniman visual lain di Indonesia.

“Yaa (semoga, red.) diapresiasi saja. Mudah-mudahan saya menjadi pintu untuk membuka Playboy kolaborasi dengan seniman visual lain,” pungkas Muklay.