Menelusuri batik di Sumatera

Read in English

Untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah dan motif batik Indonesia, TFR menghubungi Sobat Budaya, salah satu kontributor iWareBatik, aplikasi berbasis web yang didedikasikan untuk mencatat sejarah batik Indonesia.

Tracing batik in Sumatra COVER ARTICLE.png

Batik adalah teknik mewarnai yang dikenal di seluruh dunia dan tercantum dalam Daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Nonbendawi oleh UNESCO. Meskipun batik adalah kata dalam bahasa Jawa, teknik itu sendiri dikenal di seluruh dunia dan ada di berbagai budaya dan tradisi. Namun, batik memiliki kehadiran yang mendalam di Indonesia sehingga tidak mungkin dilewatkan.

Sejarah batik tidak berawal di Indonesia. Teknik ini bisa ditelusuri hingga tahun 5 SM dalam bentuk kain berlapis lilin yang ditemukan di makam Firaun. Teknik ini menyebar di sepanjang jalur perdagangan antara Mesir dan India.

Batik tertua yang ditemukan di Indonesia berasal dari tahun 1 SM di kabupaten Toraja. Meskipun waktu pastinya belum dapat dipastikan, sejarawan beranggapan bahwa teknik-teknik produksi tekstil kemungkinan sudah berkembang di seluruh dunia, termasuk teknik pewarnaan dengan lilin.

Periode kedua dimulai dari tahun 1 SM sampai 12 SM. Beberapa penemuan arkeologi menunjukkan bahwa metode pewarnaan dengan lilin juga digunakan di beberapa wilayah Asia. Di Cina, metode ini sudah digunakan sejak zaman Dinasti Han (221 SM-206 SM) dan Dinasti Sui (581 SM-681 SM), sementara di Jepang, metode ini diadopsi oleh pengrajin tekstil kuno pada Periode Nara (710-785) dan Periode Heian (795-1185).

Pada abad ke-18, perdagangan antara Selat Malaka dan Gujarat dibangun, dan mereka mulai berdagang tekstil. Kata batik sendiri muncul pada abad ke-8. Menurut Kakawin Ramayana, kata batik berasal dari kata tika, yang berarti ‘lukisan suci.’

Nama dari teknik pewarnaan dengan lilin ini juga berasal di kata bahasa Jawa ambatik, yang terdiri dari amba yang berarti ‘untuk menulis’ dan tik yang berarti ‘titik’ atau ‘membuat titik.’ Merujuk pada pepatah Jawa kuno, Mbatik Manah, batik bisa berarti juga ‘melukis sepenuh hati.’

Di Indonesia sendiri, hampir semua daerah memiliki batiknya sendiri. Dalam artikel ini, kami mengumpulkan semua pola dan desain yang bisa kami temukan berdasarkan daerah asalnya.

DI Aceh

Batik bukan teknik pewarnaan yang berasal dari Aceh, namun dilaporkan bahwa batik populer melalui aktivitas perdagangan sejak periode Kesultanan Samudera Pasai. Pada masa itu, para bangsawan menghiasi diri mereka dengan kain batik, yang mendorong munculnya pengrajin lokal. Namun, kesenian tersebut menurun di abad ke-18 sebelum dihidupkan kembali mulai tahun 1980an.

Pola batik Aceh mencerminkan kearifan lokal yang luhur dan nilai-nilai keislaman yang kuat, memamerkan makhluk tak hidup dalam bentuk garis geometris, lingkaran, dan sulur tanaman. Beberapa motif yang terkenal dari Aceh adalah ceplok gayo, kerawang tegak, kerawang datar, dan pintu aceh.

Batik in Aceh.jpeg

Sumatera Utara

Di Sumatera Utara, batik diperkenalkan oleh pengrajin dari Jawa. Batik tidak sepopuler kain tenun, tapi ada beberapa pengrajin lokal yang memproduksi batik menggunakan motif lokal, yang kebanyakan terinspirasi dari gorga atau pahatan di bagian luar tembok rumah tradisional Batak.

Beberapa kecamatan juga memperkenalkan motif batik yang terinspirasi dari pola ulos, seperti hari hara sundung dan pani patunda dari suku Simalungun, motif Melayu, seperti pucuk rebung dan gorga sitompi dari suku Toba, serta mataniari dari Mandailing. Beberapa motif terkenal adalah gorga simeol-meol, desa na ualu, desa na tolu, dan penari melayu.

WhatsApp Image 2021-02-18 at 17.54.13.jpeg

Riau

Biasanya, batik dari Riau disebut dengan batik bono Pelalawan. Nama bono berasal dari Ombak Bono di sungai Kampar, sebuah tujuan selancar terkenal. Metode pewarnaan ini diperkenalkan oleh pendatang dari Jawa dan menjadi tekstil utama daerah tersebut bersama dengan tekstil tenun. Motif yang menghiasi biasanya merupakan gambaran dari filosofi alam dan nilai-nilai Islam. Beberapa motif terkenal adalah awan larat riau, pucuk rebung riau, kasih tak sampai, dan tabir tanjung.

riau batik.jpeg

Kepulauan Riau

Kepulauan Riau memulai sejarah batiknya di akhir abad ke-19 ketika batik diperkenalkan oleh pengrajin batik dari Jawa. Kerajinan batik di Kepulauan Riau melestarikan teknik dekorasi tekstil unik dari daerah tersebut yang disebut telepuk.

Telepuk adalah teknik dekorasi tekstil yang menggunakan pewarna perunggu atau emas. Batik Kepulauan Riau juga merangkul bentuk dan warna lingkungan laut. Beberapa motif yang terkenal adalah gonggong siput, gonggong beruntun, ikan tambal, dan tikar natuna.

WhatsApp Image 2021-02-18 at 17.54.14.jpeg

Sumatera Barat

Di masa lalu, batik digunakan dalam acara-acara tradisional oleh kaum bangsawan, seperti datuak (pemimpin pria) dan bundo kanduang (pemimpin wanita). Motif batik Sumatera Barat mencerminkan gaya hidup di perdesaan dan kearifan lokal masyarakat agraris.

Mereka juga memiliki metode pewarnaan kain yang spesifik dan langka yang berasal dari Minangkabau, yaitu tanah liek. Dalam proses tersebut, kain direndam di dalam tanah liat selama satu minggu sebelum proses pewarnaan yang menggunakan pewarna alami yang menghasilkan warna unik pada kain. Motif yang terkenal adalah rangkiang dan keluak daun pakis.

Sumatera Barat.png

Bangka Belitung

Batik di Bangka Belitung mengambil nama dari tekstil tradisional mereka, cual. Cual dianggap sebagai kerajinan tekstil paling tinggi yang didedikasikan hanya bagi kaum bangsawan. Seperti halnya tenun, batik mulai populer dalam beberapa dekade terakhir. Motifnya biasanya menggambarkan keindahan alam daerah tersebut, yang menunjukkan ekspresi masyarakat lokal terhadap alam. Beberapa motif populer adalah batik cual, biji kopi, daun simpor, dan daun lada hitam.

WhatsApp Image 2021-02-18 at 18.06.03.jpeg

Bengkulu

Batik besurek diperkenalkan oleh pedagang Jawa dari Kesultanan Demak pada abad ke-15. Nama besurek berasal dari kata bahasa Arab surek yang berarti ‘menulis ayat suci.’ Batik besurek biasanya memasukkan kaligrafi Arab dan tulisan kuno Kaganga dalam polanya. Motif batik Bengkulu juga menggambarkan Rafflesia arnoldii, bunga terbesar di dunia yang berasal dari daerah tersebut. Beberapa motif yang terkenal adalah besurek rafflesia, besurek rembulan, dan kaganga tanah rejang.

WhatsApp Image 2021-02-18 at 18.06.03 (1).jpeg

Jambi

Di akhir masa Kesultanan Jambi, produksi batik menurun dan mulai bangkit kembali pada tahun 1980an. Tidak seperti sebelumnya, ketika batik dikenakan hanya oleh bangsawan, penggunaan batik kini tidak lagi dibatasi oleh kelas sosial. Pengaruh Arab dan Cina sangat kuat di Jambi, dan hal ini jelas terlihat dari motif yang menghiasi batik mereka. Kebanyakan batik Jambi juga menggunakan pewarna alami, seperti kayu, buah, dan getah. Ada sekitar 31 motif batik yang tercatat dari daerah ini, namun beberapa motif yang terkenal adalah durian pecah, merak ngeram, dan angso duo.

jambi.png

Lampung

Tradisi batik di Lampung diperkenalkan oleh pendatang dari Jawa. Metode pewarnaannya dilestarikan bersama dengan tapis, tekstil tenun tradisional khas Lampung. Batik Lampung mengandung akulturasi budaya Islam dan Buddha. Salah satu contoh paling nyata dari hal ini adalah motif pohon hayat yang merepresentasikan Pohon Kehidupan. Beberapa motif lain yang terkenal adalah mahkota siger, gamolan, dan gajah way kambas.

lampung.png

South Sumatra

Di Sumatera Selatan, teknik tie-dye seringkali digunakan bersama batik. Ada dua jenis kain batik tie-dye yang dikenal di Sumatera Selatan: yang pertama adalah gambo, batik tie-dye yang pewarnanya berasal dari pohon gambier. Jenis kedua disebut jumputan, yang menggunakan pewarna alami dan sintetis untuk menghasilkan warna-warna cerah. Proses pewarnaan keduanya dilakukan secara manual. Beberapa motif yang terkenal adalah bintik tujuh, jumputan bintang, dan jupri kembang teh.

sumatera-selatan.png

Pelajari mengenai sejarah, implikasi budaya, dan arti di balik setiap motif, dan lebih banyak lagi mengenai batik Indonesia di www.iWareBatik.org 


Artikel terkait


Berita