Istilah dalam startup: Teknologi and operasional  

Read in English

WhatsApp Image 2021-01-29 at 17.26.08.jpeg

Selain istilah-istilah bisnis dan keuangan, segmen perusahaan rintisan juga memiliki berbagai istilah baru.

Pitch deck

Dek presentasi yang biasa digunakan untuk membahas ide bisnis kepada beberapa orang atau investor. Salah satu aspek yang paling penting dari pitch deck adalah menyesuaikan desain dengan target penerimanya. 

Selain untuk ide bisnis, dek presentasi juga seringkali digunakan oleh vendor untuk memberikan berbagai informasi terkait layanan yang bisa mereka sediakan sebelum kerja sama dilakukan. 

Growth hacking

Strategi pemasaran di mana perusahaan rintisan membutuhkan pertumbuhan secara masif dalam waktu yang singkat dan dengan biaya yang minim dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya.

A/B Testing atau Split Testing 

Metodologi penelitian pengalaman pengguna yang digunakan untuk membandingkan efektivitas atau hasil dari dua varian. 

Churn Rate

Persentase pelanggan layanan yang menghentikan keikutsertaan mereka dalam waktu tertentu. Agar perusahaan bisa mendorong jumlah pelanggan, tingkat pertumbuhan pelanggan baru harus melebihi tingkat churn-nya.

Agile

Menurut agilealliance.org, agile adalah pola pikir tentang bagaimana seseorang bisa adaptif terhadap perubahan. Dengan begitu, perusahaan atau karyawan mengurangi risiko melakukan hal yang salah di dalam prosesnya. Agile fokus pada bagaimana kita dapat memahami apa yang sedang terjadi saat ini sehingga kita bisa mengidentifikasi ketidakpastian dan mampu mencari tahu bagaimana kita bisa beradaptasi. 

Istilah ini sering sekali digunakan di lingkungan perusahaan rintisan karena bekerja di perusahaan rintisan mengharuskan kita untuk bisa lari sambil beradaptasi dengan tren baru.

KPI (Key Performance Indicator)

Nilai terukur yang menunjukkan seberapa efektif perusahaan mencapai tujuan bisnis utama. Perusahaan menggunakan KPI di berbagai tingkat untuk mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mencapai target.

Monthly Active Users (MAU) dan Daily Active Users (DAU)

Pengguna aktif bulanan (MAU) dan pengguna aktif harian (DAU) adalah dua dari indikator penilaian KPI yang digunakan oleh tim pemasaran, terutama di jejaring sosial, untuk menghitung jumlah pengguna unik yang mengunjungi situs layanan. Indikator ini biasa digunakan oleh perusahaan rintisan yang mengandalkan situs web atau aplikasi sebagai tempat transaksi. 

Silo 

Sebuah pola pikir di mana seorang pekerja enggan berbagi informasi dengan karyawan dari divisi yang berbeda di perusahaan yang sama. Sikap ini dipandang mengurangi efisiensi organisasi dan, yang paling buruk, berkontribusi terhadap budaya perusahaan yang tidak baik. 

Omnichannel atau ritel multisaluran

Strategi penjualan multisaluran yang fokus pada memberikan pengalaman pelanggan tanpa batas, baik klien yang berbelanja online dari perangkat seluler atau laptop maupun di toko fisik.