Pemetaan inovatif Nuanu Social Fund ungkap pahlawan perubahan di Bali

Nuanu Social Fund (NSF) dengan bangga meluncurkan inisiatif pemetaan inovatif bertajuk “Changemakers in and around Bali” pada Minggu (18/2) lalu.

NSF sendiri merupakan sebuah entitas dinamis di dalam Nuanu yang terus berkomitmen untuk mendorong perubahan sosial dan lingkungan secara positif.

Changemakers in and around Bali” (Pembuat perubahan di Bali dan sekitarnya) menjadi penghormatan yang ditujukan kepada para inovator sosial dan pemimpin yang secara aktif mendorong serta terlibat dalam pembentukan masa depan Indonesia yang lebih baik lagi.

Inisiatif ini mampu dijalankan setelah melewati berbagai studi komprehensif selama kurang lebih enam bulan. Menariknya, inisiatif NSF ini diluncurkan dalam berbagai bentuk.

Termasuk dalam bentuk peta yang dibuat semenarik mungkin secara visual dan menyoroti area-area kunci inovasi sosial. 

Tak hanya itu, ada pula dalam bentuk majalah yang berisikan laporan dan narasi, serta situs interaktif yang menyediakan informasi lengkap mengenai berbagai penelitian yang sedang dilakukan.

Situs tersebut juga mampu menjadi wadah untuk membangun koneksi dan jejaring dengan berbagai pelaku dan komunitas dengan membuka kesempatan maupun peluang kolaborasi.

Baca Juga: Folkaland Konstelasi Interaksi hadir kembali sebagai tempat kreator terhubung

Hadirkan lanskap sosial dan lingkungan Bali dan sekitarnya

Tujuan dari dibuatnya inisiatif pemetaan NSF yaitu untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang lanskap sosial dan lingkungan di Bali dan sekitarnya.

Peta inipun bertujuan untuk mengungkap kualitas dan pola yang khas dalam kelompok maupun individu yang memang mendedikasikan perubahan positif.

Dengan mampu mengidentifikasi hubungan di antara mereka, NSF berharap dapat memahami tantangan apa saja yang dirasakan, untuk kemudian membantu peran mereka dalam sistem yang lebih besar.

“Visi saya berakar pada keyakinan bahwa masyarakat memiliki kekuatan untuk membentuk nasib mereka sendiri dan menciptakan masa depan yang lebih baik,” ujar Founder Nuanu Sergey Salonin.

Ia pun mengungkapkan, “Melihat tim NSF mengambil langkah untuk mencapai visi ini dan mencapai tonggak penting ini membuat saya merasa bangga.”

Tak hanya itu, Sergey juga dengan penuh semangat menantikan dukungan dari tim NSF yang akan terus berlanjut untuk membentuk inisiatif dan proyek-proyek berdampak lainnya.

Di sisi lain, Direktur Nuanu Social Fund, Denis Guseynov memaparkan perjalanan panjang yang melahirkan inisiatif yang berawal dengan rasa ingin tahu untuk menemukan dan menghubungkan individu maupun organisasi terhadap kesejahteraan Bali.

“Sebagai penggagas perjalanan ini, kami menciptakan proses unik untuk memetakan para pembuat perubahan di Bali dan sekitarnya dan memberikan panggung bagi berbagai inisiatif dan kolaborasi yang transformatif,” tambahnya.

Bawa manfaat untuk kolaborasi dan perubahan transformatif

Pemetaan ini membawa manfaat yang signifikan baik untuk NSF maupun komunitas dengan menyediakan data terkait yang penting untuk kolaborasi dan perubahan.

Pasalnya, pemetaan ini menggunakan metodologi snowball sampling yang memudahkan identifikasi dan eksplorasi para komunitas.

Ketua Bali Tourism Board, Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengatakan dirinya percaya bahwa Bali adalah salah satu tempat yang masih memegang kuat warisan spiritualnya.

“Melihat NSF memprioritaskan pelestarian budaya dan tradisi sebagai salah satu misi utama mereka memberi saya kebahagiaan yang besar. Saya dengan antusias menantikan inisiatif-inisiatif NSF berikutnya yang diharapkan mampu berkontribusi pada pemenuhan tujuan penting ini,” ungkapnya.

Pendiri Petradesa, Gus Tulang juga tak luput mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada NSF karena telah memberikan dukungan ini. “Saya sangat menghargai tujuan-tujuan besar NSF dan merasa yakin dengan misi mereka untuk memberdayakan komunitas. Saya beruntung telah menerima dukungan mereka untuk menjalankan misi saya dalam mendirikan Timbal Hub.”

Ia menambahkan, “Melalui proyek ini, saya dapat memberikan ruang yang aman dan layak bagi pemuda Desa Beraban untuk belajar pemanfaatan teknologi informasi.”

NSF sendiri akan terus berkomitmen untuk mempercepat proyek-proyek dan inisiatifnya yang memiliki dampak baik untuk masyarakat.